Kamis, 06 April 2017

WISATA ALAM NGANJUK RORO KUNING

Wisata Menyejukkan Air Terjun Roro Kuning Nganjuk Jatim

Alamat dan Rute Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk

Air Terjun Roro Kuning di Nganjuk
Instagram by @sunariwinarsih
Air Terjun Roro Kuning Nganjuk – Perkataan orang bijak masa lalu memang ada benarnya, “Jangan malu dengan apa yang kita punyai, karena semua pemberian adalah anugerah”. Begitu juga dengan Indonesia ini, janganlah gengsi dengan alam di negeri sendiri. Karena saat kita berpaling, justru orang asing yang akan berbalik menikmatinya. Sesuai dengan wilayah Indonesia yang banyak ditumbuhi hutan tropis, banyak kekayaan alam berupa tempat wisata alam yang bisa dieksplor. Tak terkecuali di daerah Kabupaten Nganjuk ini. Kota yang terkenal dengan julukan Kota Angin ini mempunyai tempat wisata alam yang sangat indah.Wisata Nganjuk yang mungkin saja belum pernah Anda ketahui dan kunjungi diantaranya adalah wisata Air Terjun Sedudo, The Legend Waterpark Kertosono, dan yang akan coba diulas pada artikel ini adalah Air Terjun Roro Kuning. Terbentuk secara alami, air terjun ini memiliki bentuk yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Jika biasanya air yang turun dari atas ketinggian turun secara langsung, maka aliran air di Air Terjun ini merambat. Sehingga tidak akan terdengar bunyi kecipak air atau derasnya air yang mengalir dari ketinggian. Sehingga air terjun ini sering disebut juga Air Terjun Merambat Roro Kuning.
Air Terjun Roro Kuning
Instagram by @brian.hendrasta
Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk memiliki ketinggian hampir 20 meter. Di sekeliling air terjun ini, tumbuh pohon pinus yang subur, sehingga suasana air terjun ini semakin asri. Air Terjun Roro Kuning di Nganjuk mempunyai beberapa fasilitas yang cukup menunjang. Selain bermain air tentunya, ada taman bermain untuk anak-anak. Sehingga Anda yang membawa serta buah hati, tidak akan kecewa membawa mereka ke tempat ini. Meski bagi anak-anak yang dapat melakukan kegiatan berenang, bisa berenang di aliran sungainya yang dangkal. Di tepi sungainya, telah dibangun bangunan permanen yang dapat digunakan sebagai tempat duduk bersantai tak jauh dari air terjun. Di titik ini pula, kebanyakan pengunjung mengambil foto. Karena selain nyaman, tempat ini bisa dipakai beramai-ramai dan befoto bersama-sama. Anda bisa juga mengambil foto dengan jarak dekat air terjun karena lokasinya yang cukup aman.

Air terjun ini selain menyuguhkan wisata air terjunnya, juga terdapat legenda Air Terjun Roro Kuning yang sarat akan cerita mistisnya, serta wisata sejarah yang dapat dijadikan tempat belajar dan mengenal alam. Di sekitar lokasi air terjun, terdapat monumen bersejarah salah satu pahlawan nasional Indonesia, Panglima Besar Jenderal Sudirman. Anda bisa memanfaatkan momentum wisata ini sebagai wisata edukasi, sekaligus mengenang pahlawan Indonesia yang telah gigih melawan penjajah. Tak hanya monumennya saja, terdapat bangunan rumah sederhana yang masih dibiarkan seperti waktu semula. Rumah ini digunakan oleh Jenderal Sudirman sebagai tempat singgah selama satu pekan. Perjuangan Jenderal Sudirman ini terjadi pada tahun 1949.
legenda Air Terjun Roro Kuning
Instagram by @imamprahara
Di pintu masuk, terdapat patung Roro Kuning. Sesuai dengan namanya, patung tersebut berwujud patung wanita dengan seluruh tubuhnya dicat warna kuning keemasan. Di depan patung tersebut terdapat tulisan yang merupakan nama dari tempat wisata ini, Roro Kuning. Warna kuning pada patung tersebut hanya sebagai simbol wanita yang bernama Roro Kuning. Patung tersebut selain melambangkan, juga menyimpan cerita Air Terjun Roro Kuning yang terkenal hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar